Pengertian Akuntansi Dalam Berbagai Aspek

  1. Akuntansi sebagai Seni yaitu  sebagai keahlian untuk memilih (prinsip, metode, dan teknik) yang sesuai dengan kebutuhan dan selera dari pihak yang menggunakan akuntansi.
  2. Akuntansi sebagai Ilmu dan Proses yaitu sebagai  seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan dalam penyediaan jasa, yang berupa informasi keuangan kuantitatif dari suatu unit organisasi dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomi.
  3. Akuntansi sebagai Ideologi yaitu sebagai  alat untuk melegitimasi keadaan dan struktur sosial, ekonomi, serta politik.
  4. Akuntansi sebagai Bahasa yaitu sebagai  bahasa perusahaan yang dapat berbicara (berkomunikasi) sendiri tentang suatu perusahaan/organisasi yang dilaporkannya.
  5. Akuntansi sebagai Catatan Historis yaitu sebagai  wahana untuk memberikan gambaran tentang sejarah organisasi dan transaksi yang dilakukan dengan lingkungannya di masa lalu sehingga dapat dijadikan alat prediksi keuangan untuk memahami kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul di masa yang akan datang.
  6. Akuntansi sebagai Realitas Ekonomi yaitu sebagai  gambaran situasi ekonomi perusahaan pada saat sekarang.
  7. Akuntansi sebagai Sistem Informasi yaitu sebagai teknik yang menggambarkan proses dari hubungan antara sumber data dan para penerima informasi melalui komunikasi.
  8. Akuntansi sebagai Komoditi yaitu sebagai output informasi penjualan barang ke konsumen sehingga bisa digunakan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan ekonomi.
  9. Akuntansi sebagai Sistem Pertanggungjawaban yaitu sebagai media untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan suatu perusahaan atau lembaga kepada pricipal (pemilik).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bidang Pengetahuan Akuntansi

Sejarah Perkembangan Akuntansi