Bidang Pengetahuan Akuntansi

  1. Akuntansi Keuangan yaitu bidang yang membahas prinsip, standar, metode, dan prosedur akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak di luar perusahaan.
  2. Akuntansi Biaya yaitu bidang yang berfokus pada masalah penetapan dan pengendalian biaya, terutama yang berhubungan dengan biaya produksi dan khususnya dalam perusahaan manufaktur (perusahaan industri).
  3. Akuntansi Manajemen yaitu bidang yang berfokus pada pemanfaatan data akuntansi untuk pengambilan keputusan dan pengendalian operasi perusahaan secara keseluruhan.
  4. Auditing yaitu Bidang yang membahas prinsip, prosedur, dan teknik pengauditan dalam rangka menentukan apakah laporan keuangan telah disajikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU).
  5. Sistem Akuntansi yaitu bidang yang membahas perancangan, pencatatan, dan pengolahan data agar laporan keuangan dapat disusun serta disajikan dengan cepat, akurat, dan efisien.
  6. Akuntansi Pajak yaitu bidang yang membahas transaksi penting perusahaan dan berbagai peraturan perpajakan yang bersangkutan serta pengaruh peraturan tersebut terhadap laporan keuangan, khususnya terhadap penentuan besarnya laba perusahaan.
  7. Manajemen Biaya yaitu bidang yang berfokus pada pengukuran aktivitas dan objek-objek strategik dalam pengambilan keputusan strategik untuk mencapai keunggulan kompetitif.
  8. Sistem Pengendalian Manajemen yaitu bidang yang membahas perancangan sistem dan proses untuk memotivasi para manajer divisi agar memaksimumkan kepentingan divisinya sembari memaksimumkan kepentingan perusahaan secara keseluruhan.
  9. Akuntansi Pemerintah dan Akuntansi Lembaga Non Profit yaitu bidang yang mengkhusukan diri pada masalah pencatatan dan pelaporan transaksi dari unit-unit pemerintah serta organisasi non profit lainnya.
  10. Akuntansi Sosial yaitu bidang yang berfokus pada masalah penggunaan dana-dana kesejahteraan sosial dalam masyarakat.
  11. Teori Akuntansi yaitu bidang yang membahas konsep dan penalaran yang menjelaskan mengapa prisip atau standar akuntansi tertentu dipilih serta membahas berbagai aspek perekayasaan akuntansi untuk menghasilkan kerangka konseptual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Akuntansi Dalam Berbagai Aspek

Sejarah Perkembangan Akuntansi